Computer Based Information System

Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu dalam pengambilan keputusan. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas dalam makalah ini antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan “Basis Komputer” sebagai kata kuncinya.

Dapat dijelaskan bahwa informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan keputusan.

Aplikasi utama komputer yang pertama adalah pengolahan data akutansi. Aplikasi tersebut lalu diikuti oleh empat aplikasi lain, yaitu :

· (Managemen Information System) Sistem Informasi Manajemen.

· (Decision Support System) Sistem pendukung keputusan

· (Knowledge Based System) Sistem Berbasis pengetahuan atau CBIS

Perusahaan-perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari para spesialis informasi untuk menyediakan keahlian dalam pengembangan sistem berbasis komputer. Para spesialis ini mencakup sistem (system analysis), pengelola database (database administrator), spesialis jaringan (network specialis), progammer dan operator. Dalam beberapa tahun terakhir, para pemakai telah mulai melakukan sebagian besar pekerjaan para spesialis-suatu fenomena yang disebut user computing.

0 komentar:

Posting Komentar